Modul ajar TK B semester 1 tahun ajaran 2024/2025 berdasarkan Kurikulum Merdeka PAUD yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan anak usia dini di Indonesia. Dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, kurikulum ini menekankan pada pengembangan karakter, kompetensi, dan literasi. Untuk mendukung implementasi kurikulum ini, modul ajar yang tepat menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran di TK B (5-6 tahun).

Modul Ajar TK Kurikulum Merdeka

Untuk menjawab pertanyaan tentang definisi modul ajar taman kanak-kanak dalam konteks Kurikulum Merdeka PAUD, mari kita bahas langkah demi langkah untuk memahami konsep ini secara komprehensif.

Modul Ajar TK B Semester 1 & P5 2024/2025 Kurikulum Merdeka

Pengertian Modul Ajar

Pertama, kita perlu memahami apa itu modul ajar secara umum: Modul ajar adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik, mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Konteks Taman Kanak-kanak (TK)

Selanjutnya, kita perlu mempertimbangkan karakteristik khusus pendidikan di tingkat Taman Kanak-kanak. TK atau Taman Kanak-kanak adalah jenjang pendidikan anak usia dini (umumnya usia 4-6 tahun) yang mengutamakan pembentukan karakter dan pengembangan kemampuan dasar anak melalui kegiatan bermain sambil belajar.

Kurikulum Merdeka PAUD

Kemudian, kita harus memahami apa itu Kurikulum Merdeka PAUD. Kurikulum Merdeka PAUD adalah pendekatan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Kurikulum ini menekankan pada fleksibilitas, pengembangan karakter, dan pembelajaran yang berpusat pada anak.

Modul Ajar TK Kurmer

Dengan mempertimbangkan ketiga elemen di atas, kita dapat merumuskan definisi modul ajar taman kanak-kanak Kurikulum Merdeka PAUD sebagai berikut:

Modul ajar taman kanak-kanak Kurikulum Merdeka PAUD adalah: “Sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis, menarik, dan fleksibel untuk digunakan di tingkat Taman Kanak-kanak, yang mencakup materi, metode pembelajaran, dan evaluasi yang selaras dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka PAUD. Modul ini dirancang untuk mendukung pengembangan karakter, kompetensi dasar, dan potensi anak usia 4-6 tahun melalui pendekatan bermain sambil belajar, dengan memperhatikan keunikan dan tahap perkembangan setiap anak.“

Contoh Modul Ajar TK B Semester 1 TA 2024/2025

Modul ajar TK B (5-6 tahun) TA 2024/2025 semester gasal ini bertujuan untuk menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berharga bagi anak-anak. Dengan pendekatan Kurikulum Merdeka, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan mampu menghargai lingkungan serta budaya di sekitar mereka. Kami mengajak orang tua dan pendidik untuk bersama-sama mendukung proses pembelajaran ini agar anak-anak dapat mencapai perkembangan optimal.

Baca Juga:  RPPH Kelompok Bermain 3-4 Tahun Semester I Minggu 9-16

Modul ajar taman kanak-kanak TK B Semester 1 terbaru bisa dilihat berikut ini, silakan lihat bukunya secara online :

2024 Modul Ajar TK B Smt 1

Ayah bunda dapat download modul ajar TK B (5-6 tahun) Smt 1 untuk taman kanak-kanak usia 5-6 tahun dalam format docx (disediakan minggu pertama) dan juga pdf melalui link tautan berikut ini. Ada sedikit penjelasan disini:

  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng sudah menggunakan Capaian Pembelajaran revisi BSKAP 032/H/KR/2024. Hal ini bisa dilihat dari sub elemen yang sesuai dengan peraturan tersebut.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari Topik Subtopik PAUD Kurikulum Merdeka 2024/2025 Full 1 Tahun
  • Topik Intrakurikuler: topik atau tema yang digunakan bebas, tidak terikat namun tetap memperhatikan prinsip memilih topik pembelajaran PAUD; dan
  • Topik P5 (Kokurikuler): menggunakan empat tema besar yang sudah disediakan pemerintah yaitu : (1) Aku Sayang Bumi; (2) Aku Cinta Indonesia; (3) Bermain dan Bekerjasama / Kita Semua Bersaudara; dan (4) Imajinasiku / Imajinasi dan Kreativitasku.

Berikut ini adalah daftar modul ajar TK B (5-6 Tahun) TA 2024/2025 semester ganjil dan link unduhan. Untuk Semester 1 Ada Disini:

NoMingguTopikSubtopikModul Ajar TK B (5-6 Tahun) 2024/2025 Semester 1Link Download
371DirikuIdentitaskuKenalkan, Ini AkuFile Word
382Tanah AirkuIndonesiaIndonesiakuFile Disini
393Tanah AirkuKebinekaanAku Berbeda Aku SatuFile Disini
404P5Aku Cinta IndonesiaMerayakan KemerdekaanFile Disini
415LingkungankuPakaian AdatPakaian AdatFile Disini
426LingkungankuPHBSLingkunganku Bersih dan SehatFile Disini
437LingkungankuRumahkuRumahku yang IndahFile Disini
448LingkungankuSekolahkuAku di SekolahkuFile Disini
459BinatangKebun BinatangKebun BinatangFile Disini
4610BinatangBinatang AirBinatang AirFile Disini
4711BinatangBinatang DaratBinatang DaratFile Disini
4812BinatangSayang BinatangSayang BinatangFile Disini
4913Mitigasi BencanaAirManfaat dan Bahaya AirFile Disini
5014Mitigasi BencanaApiHati-Hati dengan ApiFile Disini
5115Mitigasi BencanaUdaraMengenal UdaraFile Disini
5216Mitigasi BencanaBumiBumi Tempat Kita TinggalFile Disini
5317KebutuhankuMakan dan MinumAdab Makan dan MinumFile Disini
5418KebutuhankuPribadikuPakaianku PribadikuFile Disini
Baca Juga:  Modul Ajar TK B Semester 2 2024/2025 Kurikulum Merdeka

Karakteristik utama modul ajar TK ini meliputi:

  1. Berpusat pada anak (child-centered): Modul dirancang dengan mempertimbangkan minat, kebutuhan, dan tahap perkembangan anak.
  2. Berbasis permainan: Mengintegrasikan berbagai aktivitas bermain yang mendukung proses pembelajaran.
  3. Fleksibel: Dapat disesuaikan dengan konteks lokal dan kebutuhan spesifik setiap lembaga PAUD.
  4. Holistik: Mencakup pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik anak secara terpadu.
  5. Berbasis proyek dan inquiry: Mendorong anak untuk aktif mengeksplorasi dan menemukan pengetahuan.
  6. Inklusif: Mempertimbangkan keberagaman latar belakang dan kemampuan anak.
  7. Terintegrasi dengan teknologi: Memanfaatkan teknologi secara bijak untuk mendukung proses pembelajaran.
  8. Berorientasi pada pengembangan karakter: Menekankan pada pembentukan nilai-nilai dan karakter positif.
  9. Melibatkan partisipasi keluarga dan masyarakat: Mendorong keterlibatan orang tua dan komunitas dalam proses pembelajaran anak.

Dengan definisi dan karakteristik tersebut, modul ajar taman kanak-kanak Kurikulum Merdeka PAUD diharapkan dapat menjadi panduan yang efektif bagi pendidik PAUD dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, menyenangkan, dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini di era kontemporer.

Modul Ajar TK B (5-6 Tahun) Semester 1 Kurmer

Modul Ajar Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun Semester Gasal

Modul ajar TK B tahun ajaran 2024/2025 semester 1 yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka PAUD merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Dengan fokus pada pengembangan karakter, kompetensi, dan literasi, modul ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi anak-anak TK B. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, manfaat yang diperoleh akan sangat signifikan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

Bagi para pendidik, orang tua, dan pemerhati pendidikan anak usia dini, mari bersama-sama mendukung implementasi modul ajar ini demi terciptanya pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak Indonesia. Dengan kolaborasi dan komitmen bersama, kita dapat memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Baca Juga:  Modul Ajar Berdiferensiasi PAUD Kurikulum Merdeka

Demikianlah artikel tentang modul ajar TK B semester 1 tahun ajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka PAUD. Artikel ini memberikan gambaran komprehensif tentang karakteristik, struktur, dan implementasi modul ajar tersebut, serta manfaat dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam penerapannya.