Download Contoh RPPH PAUD Model Pembelajaran Kelompok Kurikulum 2013 terbaru disini. RPPH singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yaitu sebuah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari.
RPPH disusun dan dilaksanakan oleh pendidik. Format RPPH tidak harus baku tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri dari tujuh bagian yaitu (Klik Disini untuk penjelasan):
- identitas program,
- materi,
- alat dan bahan,
- kegiatan pembukaan,
- kegiatan inti,
- kegiatan penutup, dan
- rencana penilaian.
Berkaitan dengan tugas guru sebagai perencana, maka perencanaan pembelajaran wajib disusun oleh guru secara mandiri, sesuai dengan yang tertuang dalam dokumen 2.
Terdapat tiga jenis perencanaan pembelajaran yang harus disusun dan disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu:
- Program Semester (PROSEM)
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian(RPPH)
Dalam menyusun ketiga jenis perencanaan di atas, maka harus mengacu pada muatan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam dokumen 1 (pemetaan materi pembelajaran berdasar program dan kompetensi dasar).
Berdasarkan PERMENDIKBUD Nomor 146 Tahun 2014 Tentang KURIKULUM 2013 PAUD DOKUMEN KTSP terdiri dari :
- Dokumen 1 Berisi Sekurang-kurangnya: Visi, Misi, Tujuan Satuan Pendidikan, Program Pengembangan dan Materi Pembelajaran, Pengaturan Beban Belajar, Kalender Pendidikan dan Program Tahunan, dan SOP.
- Dokumen II Berisi Perencanaan Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dilengkapi dengan Rencana Penilaian Perkembangan Anak.
Contoh RPPH PAUD Model Pembelajaran Kelompok Terbaru K13
Materi Kegiatan:
- 1. doa sebelum dan sesudah belajar,
- 2. nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
- 3. pengelompokan warna (merah, biru, kuning), (Catatan: materi pengelompokkan berdasarkan bentuk dan jumlah bilangan disampaikan hari berikutinya),
- 4. lagu “Tuhan Ciptakan Aku”
Materi yang masuk dalam SOP untuk pembiasaan
- 1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
- 2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
- 3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
- 4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
- 1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni untuk membuat bingkai foto diri.
- 2. Kertas polos, krayon dan spidol warna merah, biru, kuning untuk kegiatan menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
- 3. Tali rapia, nama masing-masing anak, steples untuk kegiatan mengukur tinggi badan dengan tali rapia.
A. Pembukaan
- 1. Bernyanyi “TUHAN CIPTAKAN AKU”
- 2. Tepuk “TUHAN CIPTAKAN AKU”
- 3. Doa sebelum belajar
- 4. Mengenalkan aturan bermain
- 5. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh
- 6. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
- 7. Berdiskusi tentang pengelompokan warna (merah, biru, kuning).
B. Inti
- 1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
- 2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
- 3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
- 4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
- 5. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
- a. Kelompok 1: Membuat bingkai foto diri warna merah, biru, kuning
- b. Kelompok 2: Menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
- c. Kelompok 3: Mengukur tinggi badan dengan tali rapia.
- Kegiatan Pengaman:
- Menyusun huruf anggota tubuh berdasarkan contoh dari kartu kata bergambar
- 6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
- 7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.
C. Penutup
- 1. Menanyakan perasaan selama hari ini
- 2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- 3. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
- 4. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
- 5. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
- 6. Berdoa setelah belajar
D. Rencana Penilaian
- a. Catatan hasil karya
- b. Catatan Anekdot, dan
- c. Skala capaian perkembangan (rating scale )